Minggu, 31 Agustus 2008

Isaac Newton



Isaac Newton, ilmuwan paling besar dan paling berpengaruh yang pernah hidup di dunia. Ia lahir di Woolsthorpe, Inggris, tepat pada hari Natal tahun 1642, Dia lahir sesudah kematian ayahnya. Pada masa kanak kanaknya, dia sudah menunjukkan kecakapan di bidang mekanika dan sangat cekatan menggunakan tangannya.

Meskipun dia terbilang sebagai anak dengan otak cemerlang, di sekolah tampaknya dia tidak bersemangat dan tidak banyak menarik perhatian. Ketika menginjak remaja, ibunya mengeluarkannya dari sekolah dengan harapan anaknya bisa menjadi petani yang berhasil. Untungnya, sang ibu bisa dibujuk, bahwa bakat utamanya tidak terletak di bidang pertanian. Pada umur 18 tahun, dia masuk Universitas Cambridge. Di sinilah, dia secara cepat menyerap apa yang kemudian terkenal dengan ilmu pengetahuan dan matematika dan dengan cepat pula dia mulai melakukan riset sendiri. Antara usia 21 sampai 27 tahun dia sudah meletakkan dasar dasar teori ilmu pengetahuan yang pada gilirannya kemudian akan mengubah dunia. 

Sepanjang hidupnya penggunaan hukumnya yang paling dramatis adalah di bidang astronomi. Pada tahun 1678 dia menerbitan buku karyanya yang terkenal Mathematical Principles of Natural Philosophy yang menerangkan tentang teori hukum gaya gravitasi dan tentang hukum gerak. Penemuan-penemuan Newton yang terpenting adalah di bidang mekanika, pengetahuan mengenai benda yang bergerak. Penerbitan pertama penemuannya menyangkut penjungkir-balikan anggapan lama mengenai cahaya. Dalam serangkaian percobaan yang saksama, Newton menemukan fakta bahwa apa yang disebut orang sebagai “cahaya putih” tak lain adalah campuran dari semua warna peliangi. Ia juga membuat analisis yang sangat hati-hati tentang akibat-akibat hukum pemantulan dan pembiasan cahaya. Newton juga memberi sumbangan besar di bidang termodinamika (penelitian tentang panas). Dia juga yang memberi penjelasan mengenai prinsip-prinsip fisika tentang “kekekalan”. Newton juga yang menemukan dalil binomialdalam matematika yang amat logis dan dapat dipertanggungjawabkan.

Isaac Newton meninggal dunia pada tahun 1727, dan dikebumikan di Wstminster Abbey, sehingga di menjadi ilmuan pertama yang memperoleh penghormatan semacam itu.
Sumber: Michael H. Heart
100 Tokoh Paling Berpengaruh Sepanjang Masa

Tidak ada komentar:

 

blogger templates | Make Money Online