Jumat, 29 Agustus 2008

ADSL

Bagi orang awam atau orang baru di dunia maya (internet) yang kita puja-puja ini, mungkin kata ADSL terdengar asing. Tapi pernahkah kamu merasakan berselancar di internet dengan kecepatan memuaskan atau bahkan kecepatan luar biasa entah di rumah, kantor, warnet, ataupun kampus kamu? bisa jadi yang kamu gunakan adalah teknologi ADSL. ADSL yang merupakan singkatan dari Asymmetric Digital Subscriber Line adalah sebuah teknologi yang memungkinkan data kecepatan tinggi dikirim melalui kabel telepon. ADSL memungkinkan untuk menerima data sampai 1.5-9 Mbps (kecepatan downstream) dan mengirim data pada kecepatan 16-640 Kbps (kecepatan upstream).

ADSL membagi frekuensi dari sambungan yang digunakan dengan asumsi sebagian besar pengguna internet akan lebih banyak mengambil (download) data dari internet daripada mengirim (upload) ke internet. Oleh karena itu, kecepatan data dari internet biasa sekitar tiga sampai empat kali kecepatan ke internet. Karena kecepatan upstream dan downstream tidak sama maka digunakan istilah Asymmetric. Adapun Teknologi DSL yang baru yaitu VDSL2 dapat mengirim data pada kecepatan yang super tinggi sampai dengan 100 Mbps untuk jarak yang sangat pendek

Dengan teknologi canggih seperti ini, tentu banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan. Tetapi dibalik kelebihan ada juga kelemahan yang bisa kita rasakan. Berikut beberapa kelebihan dan kelemahan dari ADSL.

Beberapa kelebihan ADSL:
~ Kamu dapat tersambung ke internet menggunakan kabel telepon dan tetap dapat menggunakan telepon tersebut sebagaimana mestinya.
~ Kecepatan jauh lebih tinggi daripada kecepatan dial-up atau kecepatan modem biasa.
~ Tidak perlu kabel telepon baru, ADSL memungkinkan menggunakan kabel telepon yang ada.
~ Beberapa ISP (Internet Service Provider) ADSL akan memberikan modem ADSL sebagai bagian dari instalasi.

Beberapa kelemahan ADSL:
~ Sambungan ADSL akan bekerja dengan sempurna jika lokasi kita cukup dekat dengan sentral telepon. Paling tidak dalam jarak 2-3 km bentangan kabel biasanya cukup sesuai untuk digunakan sampai kecepatan sekitar 8 Mbps.
~ Sambungan data lebih cepat untuk menerima data daripada mengirim data melalui internet.
~ Kabel tembaga tua dapat menurunkan kualitas sambungan dan menurunkan kecepatan.
~ Jasa ADSL tidak ada di wilayah yang tidak ada kebel telepon.

Sumber: Onno W. Purbo

Tidak ada komentar:

 

blogger templates | Make Money Online